S1 Administrasi Publik

Tentang Program Studi

Akreditasi

Website

-

gambar-prodi

Program Studi Administrasi Publik (AP) merupakan pengembangan dari Universitas Wiraraja untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam bidang Ilmu Administrasi dan untuk mendukung Kabupaten Sumenep yang tertuang dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Daerah (RJPMD) Tahun 2016 – 2021 dan Peraturan  Daerah Kabupaten Sumenep Nomor 12 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2013 – 2033 dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Program Studi Administrasi Publik didirikan atas dasar kebutuhan akan tenaga profesional dan akademik yang mampu berkontribusi dalam pengelolaan sektor publik, kebijakan publik, dan pelayanan masyarakat. Atas dasar kebutuhan        tersebut, maka diharapkan program studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja menjadi prodi pelopor dan unggul dalam pengembangan disiplin ilmu Administrasi Publik, yang berbasis  prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), pendekatan pelayanan publik yang inovatif, dan pengelolaan organisasi yang efektif.

Bidang kajian program studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja, meliputi bidang Birokrasi, Pegiat Sosial, Analis Kebijakan, Administrator Publik. Lulusan program studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja diharapkan memiliki kompetensi utama sebagai Administrator dalam bidang Ilmu Administrasi yang secara khusus mendukung kebutuhan dunia pendidikan dan pembelajaran, serta mendukung kebutuhan bidang Administrasi Publik secara umum

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

PMDK Tahap 1 - Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Biaya Pendaftaran PMDK Tahap 1 melalui Guru BK/hubungi Admin PMB

Reguler Pagi

8 Oktober 2024 - 17 April 2025

Biaya Daftar Rp. 100.000

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Administrasi Publik memiliki prospek karir yang luas dan beragam, mengingat perkembangan pesat dalam bidang administrasi publik yang terus menciptakan peluang kerja di berbagai sektor. Berikut prospek karir dan profil lulusan Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja :

No

Profesi

Jenis Pekerjaan

Deskripsi Pekerjaan

1

Birokrat

 

Seorang manajer publik yang mengenali dirinya dengan baik, mempunyai kemampuan berkomunikasi secara efektif, memahami inovasi bidang pelayanan, mengetahui isu-isu publik, memahami karakter bawahan, mampu memberikan motivasi, dan mampu berpikir kritis dalam pengambilan keputusan

Bekerja di dalam sistem pemerintahan atau organisasi publik untuk melaksanakan kebijakan, mengelola administrasi, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

2

Pegiat Sosial

Seorang pekerja sosial yang mampu memahami masalah sosial kemasyarakatan dan mampu mendorong partisipasi masyarakat dalam mengatasi masalah berbasis kemampuan lokal.

Kelompok yang bekerja untuk mengadvokasi, mendukung, dan memberdayakan masyarakat, khususnya kelompok rentan atau yang membutuhkan bantuan dalam berbagai aspek kehidupan. Pekerjaan ini dapat dilakukan melalui organisasi non-pemerintah (NGO), komunitas, lembaga sosial, atau secara mandiri

3

Analis Kebijakan

Seorang analis yang mampu memproduksi informasi kebijakan berkualitas, menulis dan mempublikasikan untuk pengambilan keputusan kebijakan.

 

Bertanggung jawab untuk merancang, menganalisis, mengevaluasi, dan memberikan rekomendasi terkait kebijakan publik atau organisasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran dalam program studi Administrasi Publik sangat beragam dan mencakup berbagai kajian keilmuan meliputi kajian moral dan etika, kajian gabungan, kajian teknologi informasi dan komunikasi, kajian sosiologi dan budaya, kajian kebijakan publik, kajian administrasi pembangunan,  kajian pemerintahan daerah. Melalui kajian keilmuan tersebut materi pembelajarannya tersebar kedalam berbagai mata kuliah sebagaimana tabel di bawah ini :

KELOMPOK BAHAN KAJIAN

MATA KULIAH

 

 

1

 

 

KajianMoral dan Etika

1.      Pendidikan Agama

2.      Pendidikan Pancasila

3.      Kewarganegaraan

4.      Bahasa Indonesia

5.      Bahasa Inggris

 

2

 

Kajian Gabungan

1.      Kuliah Kerja Nyata

2.      Praktek Kerja Lapangan

3.      Skripsi

4.      Seminar proposal

 

3

 

Kajian Teknologi Informasi dan Komunikasi

1.      Pengantar Teknologi Informasi

2.      Sistem Informasi Manajemen Sektor Publik

 

 

4

 

 

Kajian Sosiologi dan Budaya

1.      Filsafat Ilmu dan logika

2.      Teori Perubahan Sosial

3.      Komunikasi Politik*

4.      Politik Lokal*

5.      Metode Penelitian Sosial I

6.      Metode Penelitian Sosial II

 

 

 

5

 

 

 

Kajian Kebijakan Publik

1.      Kebijakan publik

2.      Manajemen Strategis Sektor Publik*

3.      Sistem hukum Indonesia

4.      Pengantar Ilmu Politik

5.      Sistem Politik Indonesia

6.      Analisa KebijakanPublik

7.      Kebijakan Politik Internasional*

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

Kajian Administrasi Pembangunan

1.      Teori dan Isu Pembangunan

2.      Administrasi Pembangunan

3.      Perencanaan Pembangunan

4.      Manajemen Perubahan

5.      Akuntansi Sektor Publik

6.      Administrasi Keuangan Negara

7.      Perencanaan Anggaran Daerah

8.      BUMN /BUMD

9.      Perekonomian Indonesia

10.  Kewirausahaan

11.  Perbandingan Administrasi Negara

12.  Ekonomi Politik Pembangunan

13Pengembangan Pariwisata dan Masyarakat Pesisir

14.  Hukum Pariwisata* (MBKM)

7

Kajian Pemerintahan Daerah

1. Pengantar Ilmu Administrasi Publik

2. Teori Administrasi Publik

3. Administrasi Pemerintah Daerah

4. Asas-Asas Manajemen

5. Pengembangan dan Perilaku Organisasi

6. Hukum Administrasi Negara (HAN)

7. Teori Organisasi

8. Sistem Administrasi Negara Indonesia

9. Etika Administrasi Publik

10. Birokrasi

11. Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik

12. Manajemen Pelayanan Publik

13. Kepemimpinan

14. Pengambilan Keputusan

15. Manajemen Perkantoran*

16. Public Relation*

47. Demografi

18. Administrasi Perpajakan

19. Reformasi Administrasi

20. Analisa Jabatan (MBKM)

 

 



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca Petunjuk Pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!