PMDK Tahap 1 - Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)
Biaya Pendaftaran PMDK Tahap 1 melalui Guru BK/hubungi Admin PMB
-
Pendidikan IPA atau Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam adalah program studi yang mempelajari tentang bagaimana menjadi seorang pendidik ataupun guru mata pelajaran IPA yang profesional dan berkarakter. Program studi Pendidikan IPA telah melakukan pembekalan profesionalisme sebagai pendidik IPA baik melalui mata kuliah seperti pembelajaran mikro dan pengelolaan pembelajaran IPA serta kuliah tamu. Berkarakter dalam visi keilmuan Program studi Pendidikan IPA mengacu pada National Character sesuai motto Universitas Wiraraja yang termuat dalam mata kuliah Pancasila, Agama, dan Kewarganegaraan.
Keunikan dari Program Studi Pendidikan IPA di Universitas Wiraraja yaitu sebagai Institusi berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan budaya pesisir. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang bersifat global tidak dilepaskan dari budaya pesisir yang merupakan konteks dari keberadaan atau eksistensi Program Studi Pendidikan IPA Universitas Wiraraja sebagai bagian dari masyarakat Sumenep Madura. Hal tersebut menjadi karakter unik dari berbagai luaran Program Studi.
Biaya Pendaftaran PMDK Tahap 1 melalui Guru BK/hubungi Admin PMB
Lulusan di bidang pendidikan dan entrepreneur. Lulusan Program Studi Pendidikan IPA diharapkan tidak hanya memiliki keterampilan dan karakter di bidang pendidikan (sebagai guru IPA), tetapi juga keterampilan dan karakter sebagai seorang entrepreneur yang dapat secara mandiri menciptakan lapangan pekerjaan terutama di bidang yang dikuasai. Hal ini sangat berkaitan dengan motto Universitas Wiraraja yaitu Be Global Entrepreneur with National Character.
Prospek karier yaitu Guru IPA tingkat SMP/sederajat; Tenaga laboran di tingkat SMP/sederajat, dan Asisten peneliti dan wirausaha pendidikan.
Sebagai Guru IPA tingkat SMP/sederajat; Lulusan diharapkan mampu berkarir di sekolah tingkat menengah baik sekolah negeri maupu swasta terutama di wilayah pesisir dengan menerapkan berbagai macam kompetensi guru meliputi professional, pedagogi, sosial dan kepribadian.
Sebagai Tenaga laboran di tingkat SMP/sederajat; Lulusan diharapkan mampu untuk menjadi manager, laboran atau teknisi.
Sebagai Asisten peneliti dan wirausaha pendidikan laboratorium IPA sekolah dan laboratorium Pendidikan; Lulusan diharapkan mampu memberi kontribusi dalam penciptaan lapangan pekerjaan di bidang jasa pendidikan. Seperti manager atau tentor lembaga pendidikan, membangun lembaga pendidikan bimbingan/latihan di bidang media pembelajaran IPA dan lembaga pengelolaan data penelitian dan pengembangan pendidikan terutama di wilayah pesisir.
Sesuai dengan namanya “Ilmu Pengetahuan Alam”, materi yang akan kalian pelajari adalah tentang alam mulai dari cara kerja alam, lingkungan dan ekosistemnya, hukum yang berlaku di dalamnya, serta segala makhluk hidup yang tinggal dan hidup di dalamnya termasuk kita manusia, serta masih banyak yang lainnya. Di dalam program studi ini, selain akan diajarkan mengenai materi IPA, kamu juga akan belajar mengenai teknik pengajaran sesuai dengan ruang lingkupnya, baik itu ruang lingkup SD, SMP, sampai SMA.
Program studi Pendidikan IPA Universitas Wiraraja telah menyiapkan sebaran mata kuliah beserta karakteristiknya. Jumlah MK keseluruhan sebanyak 55 mata kuliah. Jumlah sks keseluruhan sebanyak 155 sks. Jumlah MK wajib Prodi sebanyak 46 mata kuliah. Jumlah sks MK wajib Prodi sebanyak 133 sks. Jumlah MK pilihan Prodi sebanyak 10 mata kuliah. Jumlah sks MK pilihan Prodi sebanyak 22 sks.
Program studi Pendidikan IPA telah melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mengutamakan kebutuhan mahasiswa dan bersifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif dan berpusat pada mahasiswa sehingga pembelajaran berjalan efektif dan efisien bagi mahasiswa dan dosen.
Pembelajaran bersifat interaktif berarti proses pembelajaran yang ada di Program Studi Pendidikan IPA telah dilaksanakan interaksi dua arah antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa, dan dosen dengan dosen.. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan IPA juga bersifat holistik yaitu adanya proses pembelajaran yang dilakukan tidak hanya berada di dalam kelas, akan tetapi juga diadakan di luar kelas seperti aktivitas praktikum sehingga mahasiswa dapat mengaitkan beberapa topik lain untuk mendapat pengetahuan baru.
Pembelajaran bersifat integratif ditunjukkan adanya hasil integrasi baik dari penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen Pendidikan IPA yang relevan digunakan sebagai referensi atau materi pembelajaran sehingga ada bentuk perkuliahan yang bervariasi baik di dalam atau di luar kelas. Proses pembelajaran yang terjadi di Program Studi Pendidikan IPA bersifat saintifik artinya proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah yang dibuktikan dari implementasi praktikum di laboratorium maupun di lapangan dan penggunaan case based/project based learning. Bentuk perkuliahan di Program Studi Pendidikan IPA bersifat kontekstual yang berarti adanya kesesuaian materi perkuliahan dengan tuntutan kebutuhan sekolah menengah di bidang IPA. Pembelajaran juga bersifat tematik bahwa Prodi Pendidikan IPA telah menentukan salah satu tema pembelajaran yaitu menghasilkan produk pengetahuan, teknologi yang dapat meningkatkan mutu Pendidikan IPA, hal ini diakomodasi melalui pendekatan tematik pada mata kuliah seperti media pembelajaran, pengelolaan pembelajaran IPA, penilaian pembelajaran IPA, maupun metodologi PTK yang melatih mahasiswa untuk menyusun produk bahan ajar seperti modul, LKS, dan petunjuk praktikum.
Adanya pendekatan ilmiah yang telah digunakan dalam proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan IPA berjalan efektif untuk memenuhi target capaian pembelajaran lulusan (CPL). Perkuliahan juga berjalan kolaboratif ditunjukkan dari adanya mata kuliah yang berkolaborasi dengan praktisi mengajar. Selain itu, adanya team teaching pada beberapa mata kuliah di Program Studi Pendidikan IPA. Mahasiswa dalam proses pembelajaran yang berlangsung selalu diarahkan untuk berdiskusi, tanya jawab, dan presentasi kelompok. Penugasan yang bersifat mandiri maupun kelompok berpusat kepada mahasiswa mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.