PMDK Tahap 1 - Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)
Biaya Pendaftaran PMDK Tahap 1 melalui Guru BK/hubungi Admin PMB
-
Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) merupakan pengembangan dari Universitas Wiraraja untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam bidang Desain Komunikasi Visual dan untuk mendukung Kabupaten Sumenep yang tertuang dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Daerah (RJPMD) Tahun 2016 – 2021 dan Peraturan Daerah Kabupaten Sumenep Nomor 12 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2013 – 2033 dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Program Studi Desain Komunikasi Visual didirikan atas dasar (1) analisis kebutuhan yang berorientasi pada Visi dan Misi Universitas Wiraraja, (2) pengkajian kebutuhan kualifikasi kerja secara nasional maupun internasional, (3) kebutuhan masyarakat dan pemangku kepentingan, (4) perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS). Atas dasar kebutuhan tersebut, maka diharapkan program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja menjadi prodi pelopor dan unggul dalam pengembangan disiplin ilmu Desain Komunikasi Visual, yang berbasis desain grafis dan multimedia dengan mengedepankan fungsinya dalam mengembangkan kualitas pendidikan Nasional, serta kompetitif secara global dalam ruang l ingkup Asia Tenggara.
Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja pada dasarnya akan menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat secara luas dalam bidang desain komunikasi visual, namun sebagai keunggulannya diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam memecahkan masalah dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Hal ini juga didasari oleh adanya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dalam implementasi proses interaksi pembelajaran melalui beragam metode dan media, termasuk media komunikasi visual (grafis) dan komunikasi multimedia. Media komunikasi ini menjadi bagian dari sarana pembelajaran yang konstruktif dalam mengimplementasikan tujuan pembelajaran, baik di sekolah dan luar sekolah. Dalam perkembangannya, media pembelajaran berbasis desain grafis dan multimedia menjadi pilihan yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kompetensi peserta didik.
Media berbasis teknologi informasi ini juga banyak digunakan untuk mengimplentasikan sistem belajar jarak -jauh, di antaranya melalui e-learning system. Oleh karena itu paradigma pendidikan juga berkembang, yang semula media pendidikan dimaknai sebagai alat peraga pendidikan menjadi bagian integral dari proses inovasi pendidikan. Inovasi pendidikan dalam proses pengembangan berbagai disiplin ilmu menjadi senyawa dengan visi Universitas Wiraraja. Program Studi Desain Komuniakasi Visual Universitas Wiraraja disetujui oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 94/E/O/2022 tentang izin Pembukaan Program Studi Desain Komunikasi Visual dengan Akreditasi Minimum. Izin pembukaan Program Studi Desain Komunikasi Visual pada Program Sarjana Universitas Wiraraja disahkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi pada tanggal 17 Februari 2022.
Bidang kajian program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja, meliputi bidang Desain, Komunikasi dan Teknologi. Lulusan program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja diharapkan memiliki kompetensi utama sebagai Desainer dalam bidang komunikasi visual yang secara khusus mendukung kebutuhan dunia pendidikan dan pembelajaran, serta mendukung kebutuhan bidang komunikasi visual secara umum.
Biaya Pendaftaran PMDK Tahap 1 melalui Guru BK/hubungi Admin PMB
Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki prospek karir yang luas dan beragam, mengingat perkembangan pesat dalam bidang teknologi dan komunikasi visual yang terus menciptakan peluang kerja di berbagai sektor. Berikut prospek karir dan profil lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja :
No |
Profesi |
Jenis Pekerjaan |
Deskripsi Pekerjaan |
1 |
Public Relations Officer |
Mengkonsep dan mengatur strategi komunikasi dua arah antara publik internal dan eksternal melalui media komunikasi |
Mampu mengelola media sosial, menjalin hubungan dengan media massa, mengatur dan mengkonsep strategi PR marketing,mampu mengevaluasi opini publik, dan mengembangkan citra organisasi |
2 |
Konsultan Branding |
Menjadi MarketingKomunikasi, Agensi Periklanan, Desainer Produk Komersil, dan Web Developer |
Memberikan jasa konsultasi dalam dunia pemasaran, periklanan, Dapat memberikan analisis, solusi terkait pemasaran umum agar perusahaan berhasil menjual produk mereka |
3 |
Profesi Designer |
|
|
4 |
Akademisi dan Peneliti |
Sebagai 1. Dosen/Guru/Pengajar 2. Kutrator Seni 3. Kritikus Seni |
|
Materi pembelajaran dalam program studi Desain Komunikasi Visual sangat beragam dan mencakup berbagai kajian keilmuan meliputi kajian moral dan etika, kajian gabungan, kajian sosiologi dan budaya, kajian ilmu desain, kajian ilmu komunikasi, dan kajian ilmu teknologi. Melalui kajian keilmuan tersebut materi pembelajarannya tersebar kedalam berbagai mata kuliah sebagaimana tabel di bawah ini :
KELOMPOK BAHAN KAJIAN |
MATA KULIAH |
||
1 |
Kajian Moral dan Etika |
1. Pendidikan Agama 2. Pendidikan Pancasila 3. Kewarganegaraan 4. Bahasa Indonesia 5. Bahasa Inggris |
|
2 |
Kajian Gabungan |
1. Kuliah Kerja Nyata 2. Praktek Kerja Lapangan 3. Kewirausahaan 4. Seminar proposal 5. Skripsi |
|
3 |
Kajian Sosiologi dan Budaya |
1. Filsafat 2. Metodologi Desain 1 3. Sosiologi Desain 4. Metodologi Desain 2 5. Pendidikan Anti Korupsi* 6. Tata Tulis Karya Ilmiah (TTKI) |
|
4 |
Kajian Ilmu Desain |
1. Desain Komunikasi Visual 1 (Pengantar) 2. Drawing 3. Copywriting 4. Desain Komunikasi Visual 2 (Aplikatif) 5. Ilustrasi (Aplikatif 6. Publishing 7. Storytelling & Storiboarding |
8. Estetika 9. Motion Graphic 10. Animasi 2D 11. Animasi 3D 12. Infografis 13. Visual Merchandising 14. Desain Kemasan Produk |
5 |
Kajian Ilmu Komunikasi |
1. Pengantar Ilmu Komunikasi 2. Teori Ilmu Komunikasi 3. Komunikasi Pemasaran 4. Psikologi Komunikasi 5. Public Relation 6. Riset Konsep Media 7. Branding 8. Manajemen Advertising 9. Sinematografi 10. Media dan Industri Kreatif 11. Corporate Social Responcibility (CSR) 12. Jurnalistik |
13. Integrated Marketing Communication (IMC) 14. Komunikasi Organisasi* 15. Riset Konsep Pesan Media 16. Meeting Incentve Conventon Exhibition (MICE) 17. Publik Speaking* 18. Riset Target Audien* 19. Bisnis Produk dan Jasa* 20. Public Relation Writing* 21. Iklan Layanan Masyarakat* |
6 |
Kajian Ilmu Teknologi (IT) |
1. Teknologi Informasi 2. Desain Web 3. Fotografi 4. Manajemen Desain 5. Videografi 6. Produksi Media 7. Sistem Informasi Manajemen (SIM) |