S1 Desain Komunikasi Visual

Tentang Program Studi

Akreditasi

Website

-

gambar-prodi

Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV) merupakan pengembangan dari Universitas Wiraraja untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam bidang Desain Komunikasi Visual dan untuk mendukung Kabupaten Sumenep yang tertuang dalam Rencana Pemerintah Jangka Menengah Daerah (RJPMD) Tahun 2016 – 2021 dan Peraturan Daerah Kabupaten Sumenep Nomor 12 Tahun 2013 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Tahun 2013 – 2033 dalam pengembangan pariwisata yang berkelanjutan. Program Studi Desain Komunikasi Visual didirikan atas dasar (1) analisis kebutuhan yang berorientasi pada Visi dan Misi Universitas Wiraraja, (2) pengkajian kebutuhan kualifikasi kerja secara nasional maupun internasional, (3) kebutuhan masyarakat dan pemangku kepentingan, (4) perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS). Atas dasar kebutuhan tersebut, maka diharapkan program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja menjadi prodi pelopor dan unggul dalam pengembangan disiplin ilmu Desain Komunikasi Visual, yang berbasis desain grafis dan multimedia dengan mengedepankan fungsinya dalam mengembangkan kualitas pendidikan Nasional, serta kompetitif secara global dalam ruang l ingkup Asia Tenggara.

Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja pada dasarnya akan menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat secara luas dalam bidang desain komunikasi visual, namun sebagai keunggulannya  diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam memecahkan masalah dalam peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Hal ini juga didasari oleh adanya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dalam implementasi proses interaksi pembelajaran melalui beragam metode dan media, termasuk media komunikasi visual (grafis) dan komunikasi multimedia. Media komunikasi ini menjadi bagian dari sarana pembelajaran yang konstruktif dalam mengimplementasikan tujuan  pembelajaran, baik di sekolah dan luar  sekolah.  Dalam  perkembangannya,  media pembelajaran berbasis desain grafis dan multimedia menjadi pilihan yang efektif dan efisien dalam meningkatkan kompetensi peserta didik.

Media berbasis teknologi informasi ini juga banyak digunakan untuk mengimplentasikan sistem belajar jarak -jauh,  di antaranya melalui e-learning system. Oleh karena itu paradigma  pendidikan  juga berkembang,  yang semula media pendidikan dimaknai sebagai alat peraga pendidikan menjadi bagian  integral dari proses inovasi pendidikan. Inovasi pendidikan dalam proses pengembangan berbagai disiplin ilmu menjadi senyawa dengan visi Universitas Wiraraja. Program Studi Desain Komuniakasi Visual Universitas Wiraraja disetujui oleh pemerintah melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 94/E/O/2022 tentang izin Pembukaan Program Studi Desain Komunikasi Visual dengan Akreditasi Minimum. Izin pembukaan Program Studi Desain Komunikasi Visual pada Program Sarjana Universitas Wiraraja disahkan oleh Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi pada tanggal 17 Februari 2022.

Bidang kajian program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja, meliputi bidang Desain, Komunikasi dan Teknologi. Lulusan program studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja diharapkan memiliki kompetensi utama sebagai Desainer dalam bidang komunikasi visual yang secara khusus mendukung kebutuhan dunia pendidikan dan pembelajaran, serta mendukung kebutuhan bidang komunikasi visual secara umum.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

PMDK Tahap 1 - Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)

Biaya Pendaftaran PMDK Tahap 1 melalui Guru BK/hubungi Admin PMB

Reguler Pagi

8 Oktober 2024 - 17 April 2025

Biaya Daftar Rp. 100.000

Prospek Karir

Lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki prospek karir yang luas dan beragam, mengingat perkembangan pesat dalam bidang teknologi dan komunikasi visual yang terus menciptakan peluang kerja di berbagai sektor. Berikut prospek karir dan profil lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wiraraja :

No

Profesi

Jenis Pekerjaan

Deskripsi Pekerjaan

1

Public Relations Officer

Mengkonsep dan mengatur strategi komunikasi dua arah antara publik internal dan eksternal melalui media komunikasi

Mampu mengelola media sosial, menjalin hubungan dengan media massa, mengatur dan mengkonsep strategi PR marketing,mampu mengevaluasi opini publik, dan mengembangkan citra organisasi

2

Konsultan

Branding

Menjadi MarketingKomunikasi, Agensi Periklanan, Desainer Produk Komersil, dan Web Developer

Memberikan jasa konsultasi dalam dunia pemasaran, periklanan, Dapat memberikan analisis, solusi terkait pemasaran umum agar perusahaan berhasil menjual produk mereka

3

Profesi Designer

  1. 2D & 3D Animator
  2. Web     designer/     User Interface
  1. Peran penting animator adalah membuat karya bergerak yang memiliki nilai estetis serta persuasive dengan menampilkan aksi nyata sesuai arahan. Jasa pembuatan video animasi 2D dan 3D membantu mengubah ide bisnis menjadi sebuah video animasi bergerak yang menarik dan professional, baik menampilkan UMKM maupun bisnis industry dan personal.
  2. Peran penting web desingner membuat desain sebuah website, desain tersebut akan dibuka atau dinikmati pada sebuah layar seperti layar komputer, layar handphone maupun layar tablet

4

Akademisi       dan Peneliti

Sebagai

1.    Dosen/Guru/Pengajar

2.    Kutrator Seni

3.    Kritikus Seni

  1. Peran    penting       pendidik profesional     dan ilmuwan dengan     tugas          utama mentransformasika, mengembangkan,            dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Peran penting pengurus atau pengawas institusi warisan budaya atau seni, misalnya museum, pameran seni, galeri            foto,           dan perpustakaan.           Kurator bertugas untuk memilih dan mengurus objek museum atau karya seni yang dipamerkan.
  3. Peran penting yang melakukan kritik terhadap karya seni orang lain atau dirinya sendiri (self-critic). Idealnya seorang kritikus harus memiliki   ketajaman dan sensibilitas indera, pikiran dan perasaan.

Materi Pembelajaran

Materi pembelajaran dalam program studi Desain Komunikasi Visual sangat beragam dan mencakup berbagai kajian keilmuan meliputi kajian moral dan etika, kajian gabungan, kajian sosiologi dan budaya, kajian ilmu desain, kajian ilmu komunikasi, dan kajian ilmu teknologi. Melalui kajian keilmuan tersebut materi pembelajarannya tersebar kedalam berbagai mata kuliah sebagaimana tabel di bawah ini :

KELOMPOK BAHAN KAJIAN

MATA KULIAH

1

Kajian Moral dan Etika

1.      Pendidikan Agama

2.      Pendidikan Pancasila

3.      Kewarganegaraan

4.      Bahasa Indonesia

5.      Bahasa Inggris

2

Kajian Gabungan

1.      Kuliah Kerja Nyata

2.      Praktek Kerja Lapangan

3.      Kewirausahaan

4.      Seminar proposal

5.      Skripsi

3

Kajian Sosiologi dan Budaya

1.      Filsafat

2.      Metodologi Desain 1

3.      Sosiologi Desain

4.      Metodologi Desain 2

5.      Pendidikan Anti Korupsi*

6.      Tata Tulis Karya Ilmiah (TTKI)

4

Kajian Ilmu Desain

1.      Desain Komunikasi Visual 1 (Pengantar)

2.      Drawing

3.      Copywriting

4.      Desain Komunikasi Visual 2 (Aplikatif)

5.      Ilustrasi (Aplikatif

6.      Publishing

7.      Storytelling & Storiboarding

8.      Estetika

9.      Motion Graphic

10.  Animasi 2D

11.  Animasi 3D

12.  Infografis

13.  Visual Merchandising

14.  Desain Kemasan Produk

5

Kajian Ilmu Komunikasi

1.      Pengantar Ilmu Komunikasi

2.      Teori Ilmu Komunikasi

3.      Komunikasi Pemasaran

4.      Psikologi Komunikasi

5.      Public Relation

6.      Riset Konsep Media

7.      Branding

8.      Manajemen Advertising

9.      Sinematografi

10.  Media dan Industri Kreatif

11.  Corporate Social Responcibility (CSR)

12.  Jurnalistik

13.  Integrated Marketing Communication (IMC)

14.  Komunikasi Organisasi*

15.  Riset Konsep Pesan Media

16.  Meeting Incentve Conventon Exhibition (MICE)

17.  Publik Speaking*

18.  Riset Target Audien*

19.  Bisnis Produk dan Jasa*

20.  Public Relation Writing*

21.  Iklan Layanan Masyarakat*

6

Kajian Ilmu Teknologi (IT)

1.      Teknologi Informasi

2.      Desain Web

3.      Fotografi

4.      Manajemen Desain

5.      Videografi

6.      Produksi Media

7.      Sistem Informasi Manajemen (SIM)



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca Petunjuk Pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!